Layanan streaming musik terbaik untuk tahun 2022

Layanan streaming musik terbaik untuk tahun 2022 – Terlepas dari pembicaraan tentang kebangkitan vinil, streaming masih merupakan cara paling nyaman dan populer untuk mendengarkan lagu favorit Anda. Streaming juga bisa terdengar bagus, terutama pada layanan yang menyertakan audio Dolby Atmos lossless dan spasial.

Layanan streaming musik terbaik untuk tahun 2022

freemusiczilla – Ada banyak layanan musik yang berbeda untuk dipilih, dan pertimbangan seperti biaya bulanan dan bahkan kompatibilitasnya sedikit berbeda. Meskipun harga lebih stabil dibandingkan dengan streaming TV langsung — dengan biaya paling banyak $10 per bulan — ada beberapa perubahan besar baru-baru ini, terutama karena sebagian besar sekarang menawarkan audio lossless tanpa biaya tambahan. Sebagian besar penawaran memiliki katalog musik lebih dari 60 juta lagu, dan memungkinkan Anda melakukan streaming dari ponsel, komputer, atau perangkat lain, meskipun masing-masing memiliki pro dan kontra yang unik.

Melansir cnet, Saya telah memeriksa nama-nama besar, termasuk Spotify, Apple Music, Amazon Music, dan YouTube Music, serta pesaing yang lebih kecil seperti Tidal, Qobuz, Deezer, dan Pandora Premium untuk melihat bagaimana setiap platform memenuhi uang langganan Anda. Perlu dicatat bahwa dalam ringkasan ini saya sengaja mengabaikan layanan yang hanya dapat memutar musik dalam format radio (Pandora, Rdio, Napster unRadio) dan tidak mengizinkan Anda memilih lagu sendiri. Streaming harus tentang pilihan, misalnya, orang ingin dapat mendengarkan seluruh album sekaligus!

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Musik Gratis untuk Setiap Kebutuhan Anda

Jadi, layanan streaming musik mana yang menawarkan kombinasi harga, kualitas suara, dan ukuran perpustakaan terbaik? Baca terus untuk menemukan pandangan mendalam pada masing-masing layanan dan perbandingan fitur, bersama dengan rincian harga lengkap di bagan di bagian bawah halaman.

Spotify

Spotify adalah pelopor dalam streaming musik dan bisa dibilang layanan paling terkenal. Ini menawarkan sejumlah layanan penemuan musik yang dikuratori, termasuk daftar putar Discover Weekly-nya, dan terus-menerus menerapkan yang baru, seperti Stasiun. Itu juga meningkatkan konten nonmusiknya dengan mendorong podcast.

Ini adalah persaingan ketat antara Spotify Premium dan Apple Music, tetapi Spotify menang sebagai layanan streaming musik terbaik secara keseluruhan, berkat antarmuka yang menyenangkan dan mudah digunakan, katalog lengkap, dan kompatibilitas perangkat terbaik. Spotify juga menawarkan tingkat gratis terbaik: Tanpa membayar sepeser pun atau memberikan nomor kartu kredit, Anda dapat melakukan streaming Spotify Connect ke berbagai perangkat Wi-Fi.

Spotify mengumumkan tingkat HiFi (lossless) baru akan datang pada akhir 2021, tetapi belum ada kabar lebih lanjut tentang kapan atau apakah itu benar-benar akan muncul. Sementara itu, pesaing seperti Apple Music, Amazon Music Unlimited, dan Tidal kini menawarkan musik lossless atau bahkan Dolby Atmos tanpa biaya tambahan. Selain itu, Spotify menaikkan harga pada sejumlah paket baru-baru ini, meskipun harga dasar tetap $10 per bulan di AS.

Kelebihan

  • Versi gratisnya sangat kuat
  • Spotify Connect menyederhanakan koneksi ke speaker nirkabel dan penerima AV
  • Mudah untuk membuat daftar putar Anda sendiri dan menyinkronkannya untuk mendengarkan secara offline
  • Memungkinkan Anda mengikuti artis dan diberi tahu saat mereka merilis musik baru atau mengumumkan acara mendatang
  • Sekarang termasuk podcast

Kekurangan

  • Iklan di layanan gratis bisa mengganggu
  • Anda tidak dapat mendengarkan lagu tertentu di tingkat gratis, hanya campuran berdasarkan musik yang diminta
  • Tidak ada opsi tanpa kerugian

Apple Music

Apple Music berjalan hampir sedetik dari Spotify. Ini menawarkan antarmuka yang ramah, lebih dari 75 juta trek dan kompatibilitas dengan perangkat iOS dan Android. Ya, ia memiliki album audio spasial tanpa biaya tambahan, tetapi 1.000 lagu ini dikerdilkan oleh sisa katalog.

Tidak mengherankan, Apple Music adalah pilihan terbaik jika Anda telah banyak berinvestasi di ekosistem Apple. Jika Anda memiliki Apple HomePod atau Mini, itu adalah layanan berlangganan default untuk memanggil musik dengan suara Anda. Apple Music juga menjadi pendamping ideal untuk iPod Touch, yang, setelah 20 tahun, masih menjadi hal yang penting. Ada juga banyak daftar putar yang dikuratori, banyak yang dibuat oleh musisi dan pembuat selera, tetapi tidak memiliki opsi berbagi yang kuat yang ada di Spotify.

Apple Music adalah satu-satunya dari tiga teratas kami dengan loker digital untuk menyimpan koleksi lagu Anda sendiri — YouTube Music, di bawah, adalah opsi loker musik lainnya. Ada dua cara untuk mengunggah musik Anda: gratis dengan langganan Musik, tetapi dengan DRM; atau $25, £22 atau AU$35 setahun untuk iTunes Match, yang memungkinkan Anda mengunduh lagi bahkan tanpa berlangganan Musik.

Kelebihan

  • Termasuk musik spasial dan resolusi tinggi untuk $10 Anda per bulan
  • Menggabungkan perpustakaan iTunes Anda dengan musik yang tidak Anda miliki dan pilihan loker musik
  • Pakar dan algoritme musik manusia membantu menemukan musik yang ingin Anda dengar berdasarkan apa yang Anda mainkan
  • Anda dapat mengontrol apa yang Anda dengar atau mencari musik baru menggunakan Siri di Apple HomePod atau perangkat Apple lainnya

Kekurangan

  • Aplikasi dan pengalaman Android tidak semulus yang iOS
  • Tidak berfungsi dengan iPod lama (kecuali iPod Touch)
  • Resolusi tinggi tidak berfungsi di HomePod

Qobuz

Qobuz juga menawarkan aliran audio beresolusi tinggi dan tidak seperti Tidal, Anda tidak memerlukan dekoder MQA khusus untuk mendengarkannya. Mereka dapat terdengar hebat di ponsel Android atau sistem musik kelas atas. Ini mungkin tidak menawarkan musik Dolby Atmos, tetapi katalog lagu saat ini di layanan lain tidak terlalu mengesankan.

Layanan ini menawarkan dua paket — Studio Premier beresolusi tinggi ($13 bulanan/$130 tahunan) dan Sublime Plus tahunan $180. Uniknya, layanan ini menawarkan toko unduhan beresolusi tinggi dan jika Anda mendaftar untuk paket kedua itu, Anda mendapatkan diskon untuk pembelian.

Dengan 70 juta lagu, katalog streaming Qobuz menyaingi jumlah Tidal dan Spotify, meskipun mungkin tidak memiliki artis yang paling tidak dikenal. Qobuz umumnya mengarahkan pada rekaman hi-res sehingga sangat cocok untuk penggemar jazz dan klasik, meskipun pilihan rock-nya cukup kuat. Fakta bahwa itu lebih murah daripada Tidal, dan tidak memerlukan DAC khusus untuk mendengarkan dalam 24-bit/192Hz, menjadikan Qobuz layanan favorit kami bagi pecinta musik yang serius.

Kelebihan

  • Aplikasi ini sangat bersih dan menyenangkan untuk digunakan
  • Kemampuan untuk mendengarkan musik 24-bit tanpa memerlukan dekoder khusus
  • Salah satu layanan hi-res yang lebih terjangkau
  • Menawarkan toko unduhan juga

Kekurangan

  • Mungkin ada beberapa celah di katalog
  • Tidak ada audio spasial

Tidal

Sekarang sebagian dimiliki oleh Jack Dorsey’s Block, Tidal telah memperkenalkan beberapa perubahan penting baru-baru ini, yaitu sekarang memiliki tingkat gratis yang disebut, tentu saja, Tidal Free. Perusahaan juga menawarkan paket Tidal HiFi $10, yang mencakup pemutaran lossless, dan Tidal HiFi Plus tier $20 premium.

Tidal HiFi Plus mungkin yang paling mahal dari semua layanan, dan meskipun menawarkan hi-res dan campuran Dolby Atmos, sekarang ada alasan bagus lainnya untuk ini. Kaitan utama Tidal selalu bahwa harga langganannya yang lebih tinggi berarti pembayaran yang lebih baik kepada artis. Terutama musisi yang tidak berada di puncak tangga lagu pop. Sebagai perpanjangan dari filosofi ini, layanan ini sekarang akan membayar artis streaming teratas Anda — dihitung setiap bulannya — potongan 10% dari biaya langganan Anda. Bahkan jika Anda hanya melakukan streaming satu lagu sepanjang bulan, $2 penuh akan diberikan kepada mereka. Lupakan pecahan sen untuk bermain; dengan putaran yang cukup dari cukup banyak orang, ini bisa berarti uang serius untuk band favorit Anda.

Sementara Tidal dulunya adalah pilihan terbaik untuk audiophiles, Qobuz telah mengejar dengan menjanjikan kualitas suara yang bisa dibilang lebih baik (tidak diperlukan decoder MQA), harga yang lebih murah dan beberapa perbaikan terbaru dalam katalognya. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, Tidal masih mengalahkannya secara luas — dan sekarang melebihi 80 juta lagu termasuk Metallica yang sudah lama bertahan. Jika Anda seorang audiophile, penggemar musik urban atau campuran keduanya, maka Tidal harus menarik bagi Anda.

Kelebihan

  • Aliran musik dengan ketelitian tinggi termasuk campuran surround Dolby Atmos
  • Banyak konten video, termasuk streaming langsung konser
  • Profil dan rekam ulasan di setiap halaman, ditambah sorotan artis yang sedang naik daun
  • Tingkat gratis, sedangkan tingkat atas menawarkan pembayaran untuk artis favorit

Kekurangan

  • Aplikasi seluler dan pemutar web tidak semudah yang lain
  • Katalognya tidak selengkap Spotify Premium
  • Sebagian besar musik beresolusi tinggi menggunakan MQA, yang memerlukan dekoder khusus

Amazon Music Unlimited

Amazon Prime Music hadir “gratis” sebagai bagian dari keanggotaan Prime tetapi pengguna dapat memilih untuk meningkatkan ke Music Unlimited adalah “dewasa” (alias berbayar).” Music Unlimited sekarang menyertakan layanan HD asli secara gratis (ya, yang Neil Young mengatakan akan mengubah Bumi selamanya.) Dengan $8 untuk anggota Prime, atau $10 jika Anda tidak memiliki Prime, Anda mendapatkan akses ke jutaan trek lossless serta 1.000 remix “spasial”. Remix ini dapat diputar ulang di Soundbars Dolby Atmos, perangkat Android/iOS serta Amazon Echo Studio Dalam hal kegunaan, antarmuka Music Unlimited juga lebih diperluas dari sebelumnya dengan daftar putar, genre, dan podcast yang semuanya dapat diakses dari halaman utama.

Kelebihan

  • Lebih murah daripada tiga teratas jika Anda anggota Amazon Prime
  • Lirik secara otomatis muncul di layar “sekarang diputar”
  • Audio resolusi tinggi dan spasial dari Sony 360 Reality Audio dan Dolby Atmos tanpa biaya tambahan
  • Menawarkan stasiun musik gratis untuk Amazon Echo, Echo Dot, dan Amazon Tap (termasuk iklan)

Kekurangan

  • Profil artis tidak memiliki biografi
  • Secara resmi diiklankan sebagai “puluhan juta” trek yang kuat, tidak jelas apakah katalognya cukup besar seperti pesaingnya
  • Layanan tidak lagi termasuk loker musik