10 Situs Terbaik untuk Download Musik Gratis

10 Situs Terbaik untuk Download Musik Gratis – Platform streaming seperti Spotify dan Apple Music mungkin mendapat banyak perhatian, tetapi tahukah Anda bahwa unduhan musik gratis berkualitas tinggi lebih mudah diakses dari sebelumnya? Situs musik gratis ini telah menjadi bagian utama dari cara pecinta musik menemukan artis dan lagu baru. Bahkan artis sendiri menggunakan situs ini sebagai sumber audio legal untuk membuat lagu berikutnya.

10 Situs Terbaik untuk Download Musik Gratis

freemusiczilla – Situs web musik gratis memberikan keuntungan besar bagi siapa saja yang ingin menghemat uang setiap bulan dan menghindari biaya berlangganan lainnya. Dan dalam artikel ini, kami mengumpulkan 10 situs web musik gratis terbaik dan terpopuler, termasuk Bandcamp, Audiomack, dan Soundclick.

1. Bandcamp

Bandcamp mungkin juga memiliki beberapa media fisik dan media digital untuk kemudian akan dijual, seperti CD,T-shirt, vinyl, namun Bandcamp merupakan situs utama sumber untuk mendownload musik dengan gratis, kemudian artis yang dapat membantu melakukan rilis lagu mereka untuk dapat di download secara gratis. Pengguna Bandcamp atau pendengar musik dapat mendownload lagu dalam beberapa format sesuai yang diinginkan.

Satu-satunya tantangan yang mungkin Anda hadapi adalah penemuan. Meskipun platform dikemas dengan konten gratis, satu-satunya cara untuk menemukan musik gratis di Bandcamp adalah melalui tag seperti “unduhan gratis” atau “creative commons”. Namun, jika Anda meluangkan waktu untuk menjelajahi situs, Anda dapat menemukan berbagai opsi. Cukup gunakan bilah pencarian di bagian atas situs atau browser tag Bandcamp untuk menemukan rilis favorit Anda berikutnya.

Fitur utama:
– Banyak unduhan gratis dan berbayar sesuai keinginan Anda
– Beragam konten audio dan genre
– Audio tersedia dalam format berkualitas tinggi

2. Free Music Archive

Pada 2019, perusahaan layanan musik Belanda Tribe of Noise membeli Free Music Archive (FMA). Didirikan oleh stasiun radio komunitas WFMU yang berbasis di New Jersey pada tahun 2009, FMA telah menjadi tujuan musik gratis yang populer selama bertahun-tahun. Dan meskipun Tribe of Noise telah membuat beberapa perubahan, arsip aslinya masih utuh.

Perubahan besar termasuk berkurangnya peran kurator, dan penambahan konten premium yang dirancang khusus untuk produser. Untungnya, arsip asli masih merupakan cara yang bagus untuk menjelajahi berbagai genre musik yang dapat dinikmati atau digunakan secara gratis dalam proyek kreatif Anda sendiri. Creative Commons yang berbeda memiliki persyaratan yang berbeda, tetapi beberapa berarti “tanpa pertanyaan”.

Fitur utama:
– Arsip besar musik gratis
– Beragam konten audio dan genre
– Konten premium tersedia dengan Tribe of Noise Pro

Baca Juga : Aplikasi Streaming Musik Terbaik di Apple Watch

3. The Internet Archive

Internet Archive adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 1996 dan benar-benar penuh dengan konten . Organisasi tersebut memelihara Wayback Machine yang populer (di mana Anda dapat melihat situs web yang mati), dan secara aktif “mengarsipkan internet itu sendiri”. Arsip Internet tidak menawarkan produk atau layanan, dan sebaliknya berfokus pada pelestarian.

Saat Anda mencari audio di Internet Archive, Anda akan menemukan sejumlah besar opsi untuk dijelajahi. Ini termasuk file audio berkualitas tinggi dan konten publik dalam genre mulai dari hip-hop hingga musik klasik. Arsip Musik Langsung dan koleksi Audio Gratis LibriVox adalah hub yang hebat, dan Anda dapat menjelajahi ribuan rilis netlabel dan bahkan gudang langka Grateful Dead yang tak ada habisnya.

Fitur utama:
– Termasuk media khusus seperti buku audio dan puisi
– Beragam konten audio dan genre
– Juga menampilkan video, teks, gambar, dan lainnya

4. Jamendo Music

Berbasis di Luksemburg, Jamendo Music menyediakan layanan streaming dan unduh gratis dengan lisensi untuk artis. Itu berarti katalog audio Jamendo dikurasi lebih ketat daripada situs web lain di daftar kami, dengan layanan A&R yang membantu artis menemukan kemitraan untuk memonetisasi konten mereka.

Di sisi pengguna, Jamendo terbagi menjadi bagian streaming/download dan bagian lisensi konten. Dari antarmuka utamanya, Anda memiliki beberapa cara untuk menemukan musik baru. Jelajahi musik menggunakan tag dan daftar putar , periksa stasiun Radio berbasis genre , dan dengarkan album dan campuran yang disorot.

Fitur utama:
– Berfokus pada musik streaming gratis dan artis independen
– Katalog yang dikuratori dengan layanan artis
– Konten berbayar untuk penggunaan komersial

5. Beatstars

Beatstars pada dasarnya adalah platform bagi produsen untuk membeli dan menjual ketukan, tetapi situs ini juga menyediakan banyak unduhan musik gratis. Meskipun tidak semua lagu di platform tersedia secara gratis, Anda dapat mengunduh sebagian besar lagu secara gratis. Cari saja tag “Gratis” untuk menemukan opsi untuk mengunduh file.

Biaya unduhan gratis diimbangi dengan menagih pembuat beat untuk menggunakan lagu dalam karya mereka. Perizinan adalah bagian utama dari model bisnis Beatstars, dan Lil Nas X benar -benar membeli beat untuk “Jalan Kota Tua” di Beatstars. Situs ini juga memiliki aplikasi seluler yang sangat populer yang dapat Anda unduh dari Google Play dan App Store.

Fitur utama:
– Berfokus pada ketukan dan pembuatan ketukan
– Kemitraan dengan Sony Music Publishing
– Aplikasi populer untuk seluler

6. YouTube Audio Library

YouTube adalah salah satu tempat paling populer untuk musik dan video di web, tetapi ada lebih banyak hal di situs ini daripada yang mungkin Anda ketahui. Pustaka Audio YouTube adalah sumber praktis untuk audio bebas royalti yang dapat Anda filter berdasarkan genre dan suasana hati, atau menelusuri artis dan konten yang Anda ketahui.

Pustaka Audio YouTube memiliki dua aturan:
1. Anda tidak dapat menjual kembali audio sebagai item yang berdiri sendiri. Misalnya, Anda tidak dapat menjual unduhan konten yang tidak diubah.
2. Anda tidak boleh menggunakan musik secara ilegal atau dengan konten ilegal.

Jadi, tidak perlu terlalu khawatir, terutama jika Anda mencari musik untuk digunakan dalam video, podcast, atau aplikasi kreatif/komersial lainnya. Cukup arahkan kursor ke tanggal yang ditambahkan dalam indeks dan klik tombol unduh.

Fitur utama:
– Didedikasikan untuk konten bebas royalti
– Beberapa batasan dan beberapa jenis lisensi
– Antarmuka dan navigasi sederhana dengan filter pencarian

7. Audiomack

Sejak diluncurkan pada tahun 2012, Audiomack telah berkembang menjadi platform utama bagi pecinta musik dan artis. Dan di tahun-tahun mendatang, Audiomack berencana memperluas cara artis dan penggemar dapat terhubung satu sama lain, memonetisasi konten mereka, dan banyak lagi. Meskipun mendengarkan selalu gratis, pemegang hak berhak menentukan lagu apa yang dapat Anda unduh.

Audiomack terus berkembang berkat komunitas pendengar yang aktif dan kemitraan yang sukses dengan artis, termasuk rilisan besar bersama Chance the Rapper dan Nicki Minaj. Ini juga memiliki aplikasi seluler yang sangat populer yang dapat Anda unduh melalui Google Play dan App Store.

Fitur utama:
– Anda dapat mengakses semuanya secara gratis
– Beragam konten audio dan genre
– Aplikasi populer untuk seluler

8. DatPiff

Tidak seperti situs pengunduhan musik gratis lainnya, DatPiff berfokus hampir secara eksklusif pada mixtape dan hip-hop. Ini menjadikannya tempat yang bagus untuk menemukan artis baru dan mendengarkan materi dari beberapa nama besar dalam genre ini. Plus, beberapa proyek mungkin dikaitkan dengan artis tertentu, tetapi sering kali menyertakan banyak penampilan tamu, remix, dan demo atau pengambilan alternatif.

DatPiff menawarkan konten gratis dan berbayar, tetapi ada beberapa batasan untuk menggunakan situs ini. Pengguna terdaftar memiliki batas unduhan harian, dan pengguna yang tidak terdaftar hanya dapat mengakses konten secara gratis jika artis atau label “mensponsori” lebih banyak unduhan. Anda juga dapat mengunduh aplikasi DatPiff di Google Play dan App Store.

Fitur utama:
– Fokus yang kuat pada mixtape
– Konten gratis dan premium
– Aplikasi populer untuk seluler

9. Museopen

Salah satu dari satu-satunya organisasi nirlaba resmi lainnya dalam daftar kami, Museopen didirikan pada tahun 2012 “untuk meningkatkan akses ke pendidikan musik dengan menyediakan rekaman musik gratis, lembaran musik, aplikasi, dan materi pendidikan.”

Untuk memenuhi tujuan ini, situs ini menyimpan arsip musik bebas royalti dan stasiun radio streaming , keduanya berpusat pada musik klasik. Ada juga sumber pendidikan untuk penggemar musik klasik, termasuk perpustakaan besar lembaran musik gratis .
Meskipun akun berbayar menawarkan lebih banyak kesempatan untuk mengakses dan mengunduh, Anda dapat mengunduh hingga 5 lagu per hari secara gratis.

Fitur utama:
– Penekanan yang kuat pada pendidikan
– Streaming dan unduh perpustakaan yang berfokus pada musik klasik
– Menyediakan sumber daya lain untuk siswa dan pendidik

10. SoundClick

SoundClick adalah platform lama lainnya di dunia musik gratis di web. Meskipun perpustakaannya beragam dan beragam, hip-hop adalah genre paling menonjol yang terwakili di situs. Plus, antarmuka pengguna sangat mudah diakses dan mudah digunakan dengan navigasi halus dan fitur nyaman seperti mode terang dan gelap.

Meskipun ada opsi akun premium untuk artis, akun pendengar benar-benar gratis. Namun, seperti beberapa platform lain di daftar kami, Anda tidak dapat mengunduh semuanya dari Soundclick secara gratis. Namun, apa yang tersedia sangat luas dan beragam. Dan siapa tahu, Anda mungkin menemukan artis favorit baru saat menjelajahi jutaan lagu yang tersedia di situs ini.

Fitur utama:
– Artis luas dan basis pengguna
– Keanggotaan gratis atau opsi akun berbayar
– Termasuk berbagai fitur komunitas