8 Platform Streaming Musik Paling Populer Di Korea

8 Platform Streaming Musik Paling Populer Di Korea – Korea terkenal memiliki industri hiburan yang maju dan Hallyu juga berkontribusi dalam penyebaran musik Korea ke seluruh dunia. Apakah Anda tertarik dengan K-pop atau tidak, Anda mungkin mendengar tentang “Gangnam Style” atau grup legendaris seperti Super Junior, Big Bang, Girl’s Generation, 2NE1, dll. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya di negara seperti itu musik apa aplikasi streaming adalah yang paling umum digunakan. Pada artikel ini, kami ingin memperkenalkan kepada Anda 8 platform streaming musik paling populer di Korea.

8 Platform Streaming Musik Paling Populer Di Korea

freemusiczilla – Sebelum mengenal platform streaming musik Korea populer, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang sejarah platform streaming musik di Korea. Di Korea, mendengarkan musik kebanyakan memakan biaya dan biaya yang harus Anda keluarkan cukup mahal. Saat MP3 pertama kali muncul di Korea, ada situs web yang memungkinkan orang Korea mendengarkan dan mengunduh musik secara gratis bernama “Soribada”. Jadi saat itu semua orang Korea bisa mendengarkan musik dengan bebas tanpa biaya apapun. Namun, baru pada tahun 2003 Soribada mengumumkan akan mulai mengenakan biaya untuk layanannya, dan pada saat itu semua orang di Korea merasa sangat bingung. Namun, sejak saat itu, hukum hak cipta ditekankan dan diperkuat di Korea. Bahkan jika orang Korea melihat

seseorang yang dapat mendengarkan dan mengunduh musik secara gratis, mereka akan terkejut karenanya. Karena di Korea, itu ilegal. Meski saat ini di Korea, di 4share dan Android, masih ada aplikasi yang bisa mendengarkan dan mengunduh musik secara gratis, banyak orang Korea yang sadar bahwa itu ilegal. Apalagi jika Anda mendengarkan dan mendownload musik dari sumber tersebut, kualitas musiknya juga sangat buruk. Itu sebabnya kebanyakan orang Korea sekarang menggunakan aplikasi musik Korea berbayar setiap bulan:

1. Melon

Mengambil posisi terdepan di antara aplikasi pemutar musik paling populer di Korea adalah Melon. Aplikasi Melon memiliki pengguna terbanyak di Korea dan juga merupakan aplikasi yang memiliki pengaruh terbesar pada urutan peringkat penyanyi di acara musik. Keunggulan aplikasi Melon adalah banyaknya layanan yang beragam. Aplikasi ini juga merekomendasikan genre musik yang sesuai dengan suasana hati Anda, atau mengatur trek yang paling sering Anda dengarkan sepanjang tahun. Selain itu, Melon juga memiliki kemampuan untuk memberikan informasi tercepat tentang penyanyi juga dan membantu penggemar berinteraksi dengan penyanyi.

Baca Juga : Apa Rencana Anggota Parlemen Untuk Streaming Musik Bagi Artis Dan Pendengar

Anda dapat memilih dari banyak paket untuk didengarkan di Melon. Paket yang paling banyak dipilih adalah Streaming Plus Pembayaran Reguler (10.900 won/bulan) yang dengannya Anda dapat mendengarkan semua lagu dan juga dapat mengunduh dan mendengarkan lagu secara offline. Paket lainnya adalah Pembayaran Reguler Klub Streaming (mendengarkan tanpa batas), Pembayaran Reguler MP3 10 Plus (10 unduhan per hari + mendengarkan tanpa batas), Pembayaran Reguler MP3 30 Plus (30 unduhan per hari + mendengarkan tanpa batas). Saat ini sedang ada event diskon 50% jadi kamu harus memanfaatkan kesempatan ini jika ingin mencoba mendengarkan musik di Melon.

2. Genie Music

Genie Music yang didirikan oleh KT Corporation adalah layanan streaming musik Korea yang diluncurkan cukup terlambat namun jumlah penggunanya meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Aplikasi ini terus memperbarui bagan lagu, MV, program musik mingguan, membantu pendengar mengikuti tren terkini. Aplikasi ini mendukung mendengarkan musik secara offline saat menggunakan Streaming Plus. Dengan koleksi musik Korea yang sangat banyak, Anda dapat dengan mudah menemukan lagu favorit Anda. Mereka juga mengatur musik ke dalam album dengan tema yang berbeda sehingga Anda dapat mendengarkan musik sesuai dengan suasana hati Anda. Jika Anda ingin melihat lagu-lagu terbaru, Anda dapat menemukan tren musik terbaru saat ini. Tidak hanya musik, kamu juga bisa menonton MV, video musik dengan gambar berkualitas tinggi di Genie Music. Informasi lengkap tentang lagu, musisi, penyanyi juga diberikan saat mendengarkan musik.

3. YouTube Music

Youtube adalah aplikasi jejaring sosial video nomor satu di dunia, dengan jumlah video yang sangat banyak. Oleh karena itu, ini juga menjadi salah satu aplikasi musik Korea yang populer digunakan oleh pengguna. Orang Korea dapat mendengarkan musik secara gratis di Youtube. Mereka dapat dengan mudah melihat lagu dan MV Korea yang sedang tren, dan memperbarui tren terbaru. Pengguna juga dapat mengikuti saluran musik Korea dan internasional. Berbagi MV dan video lagu ke teman dan keluarga dengan cepat adalah fungsi lain yang mungkin Anda gunakan. Namun, menggunakan Youtube juga cukup merepotkan untuk streaming musik sehari-hari karena layar harus tetap aktif dan tidak semua lagu Korea diposting di Youtube, sehingga penggunaannya juga lebih terbatas. Baru-baru ini, dengan mengizinkan pengguna dengan akun premium untuk menggunakan YouTube Music secara gratis, YouTube juga menjadi pesaing utama platform streaming musik di Korea. Saat ini, paket premium sangat digemari oleh anak muda Korea, khususnya remaja berusia 10-20 tahun. Setelah mendaftar, pengguna dapat menonton video tanpa gangguan iklan, dan juga menggunakan platform musik YouTube secara gratis.

4. Apple Musik

Apple Music adalah layanan streaming musik dan video yang dikembangkan oleh Apple Inc, diluncurkan pada 30 Juni 2015 di lebih dari 100 negara. Apple Music lebih populer di Korea daripada yang Anda kira. Apple Music dengan cepat menjadi populer setelah diluncurkan berkat perpustakaan lagunya yang besar dan daftar putar yang disarankan sesuai dengan kebiasaan mendengarkan pengguna. Apple Music memiliki perpustakaan lagu yang sangat besar dengan lebih dari 70 juta lagu. Fitur penyimpanan iDevice membantu pengguna mengunduh lagu yang ingin didengarkan secara offline di mana saja tanpa koneksi internet. Anda juga dapat melihat album dari lagu yang sedang diputar. Apple Music akan secara otomatis menyarankan lagu untuk Anda berdasarkan informasi selera musik favorit yang Anda berikan saat mulai menggunakan app. Untuk saran musik yang lebih baik, Anda dapat mengeklik Suka pada lagu favorit Anda, atau memilih gambar avatar dan “Pilih artis untuk Anda”. Apple Music memberi pengguna fungsi lain seperti Atur alarm, Bagikan musik, Buat stasiun musik Anda sendiri, dll. Di Korea, pengguna dapat membeli keanggotaan individu dengan harga 8.900 won per bulan

5. Bugs

Mirip dengan Melon. Bugs adalah salah satu aplikasi musik yang memperbarui peringkat lagu yang paling banyak didengarkan secara Real time, album terbaru, album mengesankan, genre musik, dll. Anda dapat memperbarui peringkat, tren terbaru hari ini dengan Bugs. Ada lebih dari 40 juta lagu di platform ini sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan lagu favorit Anda. Kualitas suara tinggi, gambar video tajam. Selain itu, menemukan lagu yang Anda inginkan berdasarkan genre dan tag adalah fungsi praktis yang mungkin ingin Anda gunakan di Bug. Salah satu keuntungan besar dari aplikasi Bugs adalah kualitas suara streaming sangat bagus dan harganya lebih murah dibandingkan layanan streaming musik lainnya, sekitar 6.600 won per bulan.

6.Mnet

Mnet terdengar asing bagi para penggemar K-pop, namun kamu mungkin belum tahu bahwa selain sebagai stasiun penyiaran, Mnet juga menyediakan layanan streaming musik. Mnet memiliki koleksi audio berkualitas tinggi hingga 15,1 juta sumber, menghadirkan musik Korea terbaik untuk pendengar. Anda dapat dengan mudah memperbarui tren musik saat ini dan tidak lagi khawatir tidak mengetahui lagu-lagu terbaru. Aplikasi ini dapat menganalisis riwayat mendengarkan musik Anda dan memberikan saran yang mungkin Anda sukai. Biaya bulanannya juga tidak semahal aplikasi lain yaitu sekitar 6.400 won per bulan.

7. Naver Vibe

Naver Vibe adalah aplikasi musik dari Naver yaitu mesin pencari terbesar di Korea. Karena aplikasi ini didirikan oleh Naver, aplikasi ini terhubung dengan banyak layanan Naver lainnya, sehingga sangat nyaman bagi pengguna. Naver Vibe memiliki antarmuka yang bagus dan mudah digunakan. Ini memiliki koleksi musik Korea dengan berbagai genre. Pojok 100 Lagu Terpopuler Teratas akan membantu Anda memahami tren musik saat ini. Anda juga dapat membuat playlist lagu-lagu favorit Anda dengan mudah. Naver Vibe juga dapat merekomendasikan lagu yang mungkin Anda sukai berdasarkan preferensi Anda. Mirip dengan aplikasi lain, Anda juga perlu membayar saat menggunakan Naver Vibe.

8. Spotify

Orang Korea juga menggunakan Spotify tetapi tidak sepopuler aplikasi streaming musik lainnya di Korea. Pasalnya, Spotify tidak bisa menjamin ketersediaan produk musik artis dalam negeri secara utuh saat meluncurkan layanan tersebut. Untuk beroperasi di Korea, platform streaming ini telah bermitra dengan Kakao Entertainment, sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam mendistribusikan sejumlah besar produk musik dari artis Korea. Namun, pada awal Maret tahun lalu, Spotify dan Kakao Entertainment gagal memperbarui perjanjian lisensi yang mengakibatkan semua musik yang didistribusikan oleh label Korea tersebut menghilang dari platform. Saat ini, masalah ini telah diselesaikan secara damai oleh kedua belah pihak.

Selain itu, paket yang mahal juga menjadi salah satu alasan yang membuat pengguna Korea ragu menggunakan Spotify. Di Korea, konsumen hanya memiliki dua pilihan: mendaftar untuk akun terpisah seharga 10.900 won/bulan atau membeli kombo untuk 2 orang seharga 16.350 won/bulan. Biaya di atas belum termasuk pajak. Sedangkan di negara lain, paketnya lebih beragam jika dibagi ke banyak objek seperti pelajar, individu, kombo dua akun dan keluarga. Selain itu, di banyak negara lain, Spotify juga menawarkan pemutar musik gratis dengan iklan pengantara, tetapi tidak di Korea. Namun, Spotify mengatakan bahwa ke depannya, platform ini akan lebih berupaya untuk berkembang dengan artis dalam dan luar negeri di pasar Korea, sekaligus menghubungkan musik tanah kimchi ke seluruh dunia.