Mengulas Lebih Jauh Tentang Apa itu Streaming Musik?

Mengulas Lebih Jauh Tentang Apa itu Streaming Musik? – Streaming musik, atau lebih tepatnya, streaming audio, adalah metode memasukkan konten audio ke perangkat Anda secara langsung, tanpa mengharuskan Anda mengunduh file dari internet. Layanan musik seperti Spotify , Pandora, dan Apple Music menggunakan metode ini untuk menghadirkan lagu yang dapat Anda nikmati di semua jenis perangkat.

Mengulas Lebih Jauh Tentang Apa itu Streaming Musik?

Pengiriman Audio Streaming

freemusiczilla – Di masa lalu, jika Anda ingin mendengarkan musik atau jenis audio lainnya, Anda mengunduh file audio dalam format seperti MP3 , WMA , AAC , OGG , atau FLAC . Namun, saat Anda menggunakan metode pengiriman streaming, Anda tidak perlu mengunduh file.

Baca Juga  : Cara Kerja Streaming Musik dan Tren Streaming Musik Populer Saat Ini 

Anda dapat segera mulai mendengarkan melalui perangkat atau speaker pintar. Streaming berbeda dari unduhan karena tidak ada salinan musik yang disimpan ke hard drive Anda. Jika Anda ingin mendengarnya lagi, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Beberapa layanan musik streaming berbayar memungkinkan Anda melakukan streaming dan mengunduh.

Bagaimana Streaming Terjadi

File audio yang diminta dikirimkan dalam paket data kecil sehingga data disangga di komputer Anda dan langsung diputar. Selama aliran paket yang stabil dikirimkan ke komputer Anda, Anda akan mendengar suaranya tanpa gangguan.

Persyaratan untuk Streaming Musik ke Komputer

Di komputer, selain kebutuhan seperti kartu suara , speaker, dan koneksi internet, Anda mungkin juga memerlukan perangkat lunak. Meskipun browser web memutar beberapa format musik streaming, pemutar media perangkat lunak yang diinstal di komputer Anda mungkin berguna. Pemutar media perangkat lunak populer termasuk VLC , Winamp, dan RealPlayer. Karena ada banyak format audio streaming, Anda mungkin perlu menginstal beberapa pemutar ini untuk memutar dari berbagai sumber di internet.

Langganan Musik Streaming Berbayar

Langganan musik streaming sangat populer. Apple Music, yang tersedia di komputer Windows dan Mac, adalah langganan musik streaming dengan jutaan lagu yang dapat Anda streaming ke komputer Anda. Amazon Music dan YouTube Music menawarkan langganan serupa. Program berbayar ini menawarkan uji coba gratis yang memungkinkan Anda mengevaluasi layanan mereka. Beberapa layanan seperti Spotify, Deezer, dan Pandora , menyediakan tingkatan gratis musik yang didukung iklan dengan opsi tingkatan premium berbayar.

Streaming ke Perangkat Seluler

Aplikasi yang disediakan oleh penyedia musik streaming adalah yang terbaik dan biasanya satu-satunya cara untuk menikmati musik streaming mereka di perangkat seluler. Namun, setiap layanan musik menawarkan aplikasi, jadi Anda hanya perlu mengunduhnya dari Apple App Store atau Google Play untuk menikmati streaming musik di ponsel cerdas atau tablet Anda.

Konsep di balik streaming musik

Streaming musik seperti mengakses perpustakaan digital yang hampir tidak ada habisnya. Layanan streaming tidak hanya menyediakan musik untuk pelanggan mereka di server, tetapi juga audio buku audio dan podcast . Spotify dan layanan lainnya menawarkan pilihan yang begitu banyak dan beragam sehingga setiap selera musik disediakan. Penyedia membayar biaya lisensi kepada perusahaan rekaman untuk distribusi konten audio.

Di sisi lain, layanan menghasilkan uang melalui iklan dan biaya berlangganan. Harga murah yang ditawarkan kepada pengguna (beberapa layanan bahkan gratis) merupakan faktor kunci keberhasilan streaming musik. Biaya untuk sebagian besar langganan berbayar biasanya sekitar 10€ per bulan, yang tidak ada duanya dibandingkan dengan sekitar 15€ untuk satu album sebagai CD atau 25€ Tidak seperti lagu di media fisik atau unduhan, musik yang dialirkan hanya dipinjamkan. Anda hanya memiliki akses ke musik dalam basis data aplikasi, dan hanya selama Anda memiliki akun dengan penyedia.

Layanan streaming gratis vs. berbayar

Streaming musik gratis ditawarkan oleh pemimpin pasar Spotify dan pesaing Deezer dalam model dasar. Versi gratisnya menampilkan iklan wajib, dengan iklan yang diputar rata-rata setelah setiap lagu ketiga. Namun, jika Anda memilih akun premium, Anda tidak akan terganggu oleh iklan. Premium juga menawarkan fitur tambahan. Dengan Spotify, misalnya, Anda memiliki opsi untuk mendengarkan musik yang dipilih secara offline, yang hampir sangat diperlukan bagi pendengar yang rajin, karena streaming audio menghabiskan banyak volume data seluler. Fitur premium lainnya adalah kualitas streaming yang dapat disesuaikan.

Streaming musik dari sudut pandang artis

Jadi kami telah mempertimbangkan layanan streaming dari sudut pandang pengguna, tetapi bagaimana dengan musisi dan industri musik? Sebuah pertanyaan mendasar tentunya adalah: bagaimana para seniman dibayar atas karya mereka? Sejauh menyangkut penggantian, lebih banyak klik biasanya berarti lebih banyak uang. Berapa banyak aliran tunggal dari satu lagu yang benar-benar dihasilkan untuk artis, bagaimanapun, tidak dapat didefinisikan secara akurat, karena angka resminya hilang.

Di Spotify seharusnya rata-rata 0,0044 dolar AS (0,5 sen euro) per streaming. Untuk menghasilkan 100 dolar, sebuah lagu harus diputar 23.000 kali . Sebuah studi untuk pasar Prancis juga menemukan bahwa dari 10 fee biaya berlangganan, 2€ Pembayaran dari penyedia streaming musik lain serupa-termasuk Amazon, Deezer, dan Google. Apple Music dan Tidal khususnya, di sisi lain, diharapkan membayar premi yang jauh lebih tinggi per streaming.

Dapat dimengerti bahwa artis sering mengkritik model bisnis penyedia streaming. Namun, orang harus mempertimbangkan dalam evaluasi bahwa perusahaan rekaman juga memiliki suara. Mereka adalah pemegang hak, membuat perjanjian lisensi dengan layanan dan seringkali menerima sebagian besar dari pendapatan itu sendiri.

Exit mobile version